SUMBARNET - Perayaan Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-356 tahun ini dipastikan berlangsung lebih meriah dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satu rangkaian acara ialah Xporia dan Xploria yang digelar di GOR H. Agus Salim pada 8–10 Agustus 2025.
Perwakilan Backstagers Indonesia Event Management Association, Bayu, mengatakan bahwa dalam Xporia akan tersedia 38 booth dalam satu roder (area pameran), yang diisi oleh pelaku usaha dari berbagai bidang, seperti produk UMKM, otomotif, jasa, dan layanan unggulan.
"Masing-masing booth akan menawarkan flash sale, diskon menarik, hingga edukasi bagi pengunjung. Di samping itu, juga akan ada pertunjukan musik secara langsung," ujar Bayu saat rapat teknis Xporia di Aula Dinas Perdagangan, Kamis (31/7/2025).
Ia menambahkan, pengunjung juga akan mendapatkan culinary card yang bisa distempel setiap kali melakukan pembelian atau mengikuti sesi edukasi dari tenant UMKM atau penyedia jasa.
"Jika stempel pada culinary card sudah penuh, pengunjung bisa menukarkannya kepada panitia untuk mendapatkan kopi gratis," jelasnya.
Langkah ini bertujuan mendorong peningkatan transaksi di setiap tenant, baik pelaku UMKM maupun penyedia jasa layanan yang berpartisipasi.
Bayu juga menuturkan bahwa Xporia dan Xploria akan dikemas dalam semangat pesta rakyat dengan menghadirkan hiburan dari artis nasional.
"Pesta rakyat ini akan menjadi daya tarik tersendiri karena menghadirkan hiburan dari artis papan atas," tambahnya.
Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Padang, Didi Aryadi, menyampaikan bahwa Xporia dan Xploria merupakan bagian dari rangkaian besar Taste of Padang Experience dalam HJK Padang ke-356.
"Ini adalah bentuk sinergi untuk mendorong terwujudnya Kota Gastronomi yang diakui UNESCO. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan daya beli, apalagi dibalut dalam suasana pesta rakyat,"ujar Didi.
Senada, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Syahendri Barkah, mengimbau kepada para tenant dan pelaku UMKM untuk aktif mempromosikan partisipasi mereka dalam kegiatan ini, baik melalui media sosial maupun kanal lainnya.
"Dengan promosi yang masif, masyarakat akan lebih tahu dan tergerak untuk datang meramaikan rangkaian HJK kita," tutup Syahendri. (MA/Taufik)
0 Post a Comment:
Posting Komentar